Resep sederhana untuk perjalanan membangun karir di bidang yang kita sukai

Borrys Hasian
1 min readFeb 11, 2023
Photo by Clark Tibbs on Unsplash

Apa resepnya untuk bisa berhasil membangun karir di bidang yang kita sukai (passionate about)? Mengenali passion diri sendiri itu langkah awal. Bukan karena latah ikut tren, tapi sesuatu yang membuat kita bersemangat (sampai terasa tegang/sakit perut) saat berbicara atau melakukan hal tersebut. Langkah selanjutnya, lebih ke keberanian untuk memilih dimana dan bagaimana passion itu bisa diubah jadi karya nyata — sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Kemudian melakukan retrospective secara berkala, untuk melihat apakah langkah yang diambil sudah tepat. Jika belum, beranikan diri lagi dan jadilah fleksibel untuk memilih jalan baru yang dirasa lebih baik untuk membangun karir Anda.

Dalam perjalanan membangun karir ini, akan banyak noise yang mencoba mengganggu, mengecilkan, dan menghambat usaha Anda — bahkan bisa jadi muncul dari orang terdekat. Jangan terganggu. Jangan hilang harapan. Just keep going, no matter how slow it is. Kembangkan selalu value dan kepercayaan diri Anda — belajar, praktek, belajar, praktek. Tetap maju, belajar, ubah jalan, dan lakukan yang terbaik untuk memberi manfaat…In syaa Allah keberhasilan karir sudah dekat.

--

--

Borrys Hasian

I'm a Product Designer, fascinated about Design Innovation, and I have led Design for successful and award-winning products used by millions of people.