Proyek sampingan untuk meningkatkan karir

--

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Seringkali kesungguhan dan kedisiplinan kita diuji saat mengerjakan sesuatu yang tidak ada reward uangnya, termasuk ujian kecerdasan emosi. Coba kerjakan proyek sosial, atau pro-bono (yang tidak mengejar profit)…kadang ada bisikan yang membuat kerja pro-bono jadi setengah-tengah — “Ngga ada duitnya, ngapain capek-capek?”

Tapi apa manfaatnya mengerjakan suatu proyek yang tidak ada reward uangnya? Beberapa hal yang saya temui: Melatih mindset dan kebiasaan untuk menuntaskan sesuatu. Melatih untuk tidak tergerak hanya demi uang — tapi bermanfaat untuk orang lain. Melatih untuk berkolaborasi dengan berbagai tipe orang — yang tidak ada kaitan hierarki/level — termasuk kemampuan mempengaruhi dengan ide, tanpa kekuatan jabatan. Coba ambil proyek sosial atau pro-bono besok, itung-itung ikut pelatihan untuk meningkatkan beberapa keahlian yang akan membantu meningkatkan karir Anda.

--

--

Borrys Hasian

I'm a Product Designer, fascinated about Design Innovation, and I have led Design for successful and award-winning products used by millions of people.