Metode manjur untuk menghasilkan ide-ide yang inovatif dan orisinil

Borrys Hasian
2 min readFeb 21, 2023
Photo by Xavi Cabrera on Unsplash

Teknik kreativitas dari Pixar, menggunakan metode “Ya, dan…” adalah cara yang terbukti manjur untuk menghasilkan ide yang inovatif dan orisinil. Cara ini mendorong kolaborasi, kreativitas, dan positive thinking. Ide dasar dari metode ini adalah untuk mengakui ide dan membangun ide di atas ide orang lain, ketimbang menolak mentah-mentah ide orang lain.

Metode ini terdiri dari dua langkah. Pertama dengan mengatakan “Ya” ke ide yang mucul dari orang lain. Aksi sederhana ini menunjukkan pengakuan atas ide orang lain dan mendorong eksplorasi ide lebih jauh. Langkah kedua, menambahkan atau membangun ide sebelumnya dengan mengatakan “dan..”, kemudian berikan ide dan perspektif unik kita sendiri. Proses ini akan menambahkan ide ke ide awal dan bisa memunculkan hal-hal baru yang tidak terduga.

Ini contoh interaksi menggunakan metode “Ya, dan…”

Orang 1: “Bagaimana kalau kita membuat film tentang anak-anak yang menemukan sebuah dunia fantasi di dalam lemari es?”

Orang 2: “Ya, dan bagaimana jika dunia fantasi itu dihuni oleh binatang-bintang imut yang bisa berbicara?”

Orang 3: “Ya, dan bagaimana jika ada konflik antara binatang-binatang tersebut dan anak-anak itu harus menyelesaikan masalah tersebut untuk kembali ke dunia nyata?”

Bandingkan jika interaksi diatas menggunakan “Ya, tapi…”

Orang 1: “Bagaimana kalau kita membuat film tentang anak-anak yang menemukan sebuah dunia fantasi di dalam lemari es?”

Orang 2: “Ya, tapi bagaimana bisa anak-anak itu masuk ke lemari es?”

Orang 3: “Ya, tapi bukannya film tentang anak-anak dan dunia fantasi itu tidak seru?”

Dan ide awal berhenti. Orang 1 akan merasa tidak memiliki ide bagus. Akhirnya tim mengalami kebuntuan.

Dengan menggunakan metode “Ya, dan…” tim kreatif Pixar bisa menghasilkan banyak ide dengan cepat dan efisien. Metode ini juga mendorong budaya kolaborasi dan mendorong semua orang untuk memberi perspektif unik mereka masing-masing. Metode ini juga membantu untuk meminimalisir negative thinking dan kritik negatif — yang biasanya menggangu kreativitas dan membatasi potensi dari proyek yang sedang dikerjakan.

Jadi metode “Yes, and…” ini bisa jadi cara yang bagus sekali untuk membantu tim menghasilkan banyak ide baru dan inovatif. Dengan mengakui dan membangun ide diatas ide orang lain, kita akan membentuk budaya kolaborasi dan positive thinking.

--

--

Borrys Hasian

I'm a Product Designer, fascinated about Design Innovation, and I have led Design for successful and award-winning products used by millions of people.